Welcome To My Paradise

bck

Senin, 01 Oktober 2012

Tips Mengatasi Sikap Plin Plan

Plin plan bisa hinggap di semua orang, tak perduli anda tukang Jahe Merah Karomah, Dokter, Kuli Bangunan, Tukang Dagang, Tukang Herbal, Pengacara atau bahkan seorang Psikolog...

Plin Plan adalah kepribadian yang selalu berubah-ubah karena dipengaruhi oleh kebutuhan yang dikehendaki dan jiwanya terombang-ambing oleh godaan yang membingungkannya untuk memilih keputusan. 

Sikap Plin-plan itu mempunyai pengaruh besar terhadap jauhnya kesadaran dalam menyikapi satu masalah, selain itu juga biasanya tidak pandai mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman hidupnya yang lalu dan untuk peningkatan kedewasaan dirinya. 

Makanya, sikap Plin-plan itu mesti dijauhi dan bila ada dalam diri seseorang, sudah semestinya diperbaiki dengan Pola Pikir yang diubah, menuju lebih baik yakni konsisten beserta mempunyai komitmen dan arah tujuan yang jelas.

Selain itu memantapkan diri disaat membutuhkan sebuah keputusan adalah sangat diperlukan, dan hal yang mesti diperhatikan adalah menimbang dengan 2 timbangan, mana yang baiknya mana yang buruknya ...

Ciri-ciri Orang Plin-Plan :

1. Apa yang dikatakan berbeda dengan perbuatannya.
2. Sikapnya cepat berubah-ubah seketika pada waktu itu juga,
3. Mencari alasan-alasan, tapi sangat berkesan menutupi sesuatu hal yang dibelakangnya.
4. Orangnya aneh tidak tetap dalam bersikap, berubah-ubah pikirannya, padahal sikap plin-plan itu merugikan orang lain, bahkan bisa jadi merugikan diri sendiri, ambil contoh dalam hal bisnis, sesuatu yang sudah ditanda tangani kontraknya, lalu karena terpengaruh ini dan itu, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kontrak kerjanya, dan beralih mitra, lalu dia kena kick karena meleset dari kesepakatan dengan mengeluarkan sejumlah uang, padahal perbedaan secara real diatas perhitungan hanya beda dikit, akhirnya tetap saja budgetnya sama .
5. Tidak mempunyai arah tujuan yang jelas, artinya mudah untuk dipengaruhi oleh sugesti ataupun stimulus yang ada.

Solusinya biar sikap Plin-plan itu berubah, intinya adalah pada pola pikir yang harus diubah, harus penuh dengan kesadaran diri yang tinggi, dan tidak mudah putus asa.

Ini Tipsnya Sob :
1. Harus Berpikir Konkrit.
Artinya seseorang harus berpikir berdasarkan kenyataan yang ada tidak mengada-ada.

Selain itu, harus siap mental untuk menghadapi sebuah kenyataan dan mengatasi masalahnya hingga selesai dan jangan masalah itu dihindari, sebab masalah itu tidak bisa selesai secara sendirinya, tapi pasti harus ada proses pembelajaran menuju kedewasaan. Tentunya butuh kesabaran yang tak terbatas.

2. Harus Berpikir Positif.
Artinya kita jangan mudah mencurigai orang lain, belum tentu anggapan kita benar, apalagi jika hanya perkiraan.

Jadi, buktikan terlebih dahulu hingga benar- benar adanya keyakinan yang kuat, siapa yang sebenarnya yang salah, apa benar demikian apa tidak?. dengan kata lain, lakukan deteksi akurat, bukan dengan serampangan.

Sebab mempercayai seseorang tidaklah mudah, namun harus ada juga faktor kuat sebagai bukti kebenarannya untuk menyanggah rasa curiga tersebut.

3. Janganlah Jauh mengkhayal.
Artinya semakin seseorang tersebut terlalu membayangkan keburukan-keburukan yang terjadi akibatnya sikap menjadi tidak percaya diri, pesimis, mudah dipengaruhi, dan tidak punya pendirian yang tetap.

Sebab itulah, sekiranya kita harus berpikir yang nyata, jangan mengada-ada dalam membayangkan segala sesuatu agar apa yang dikhawatirkan itu tidak terjadi.

Jika sobat berhasil mengubah pola pikir, maka dengan sendirinya sikap Plin-Plannya itu hilang dalam diri secara perlahan-lahan,menuju pada kedewasaan sikap.

Kita menjadi bersikap konsisten dan mempunyai komitmen atau arah tujuan yang jelas dalam hidup ini.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar