Welcome To My Paradise

bck

Minggu, 07 Oktober 2012

7 Kebiasaan yang meningkatkan kemampuan otak

  1.  Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil. Mencatat ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghapal hingga 20 persen. Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja terekam dan mungkin juga tidak.
  2. Tidak mengonsumsi alkohol. Manusia yang bermemori kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman beralkohol. Alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.
  3. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya. orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. mereka lebih sering membaca dibandingkan menonton televisi.
  4. Sering membaca novel. Dengan membaca novel, otak kita akan dilatih berpikir dan menebak nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir dalam bentuk petualangan yang lebih menarik dan seru.
  5. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data. Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk kedalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung-hubungkan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.
  6. Mengonsumsi ikan. Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.
  7. Meninum teh atau kopi. Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan bisa berakibat fatal. Minumlah teh atau kopi dalm porsi sewajarnya.
  • semoga tips ini bermanfaat ^_^ 
[ dikutip dari buku 'Kisah 1001 Fakta-Fakta Paling Super Di Dunia' ditulis oleh Nia Kamaladewi ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar